1. Keputusan manajemen untuk melaksanakan ekspor
2. Menentukan komoditi yang akan diekspor
3. Menganalisa kondisi Negara tujuan ekspor tentang:
- Populasi
- Politik
- Ekonomi
- Sosial
- Iklim
- Peraturan ekspor, impor, devisa
- Perpajakan, perbankan, keuangan, transportasi
4. Menetapkan pasar potensial dan segmen pasar yang akan dimasuki serta menentukan calon mitra usaha
sebagai saluran pemasaran
5. Menentukan strategi operasional bersama mitra usaha seperti:
- Penentuan harga jual ekspor
- Syarat pembayaran
- Sistem distribusi
- Bauran pemasaran
6. Menentukan sistem promosi dan pemilihan media
7. Mempelajari peta pemasaran komoditi tertentu
8. Mempelajari nama dan alamat lengkap berbagai badan promosi nasional dan internasional, sebagai
saranan mencari calon pembeli
9. Menyiapkan brosur dan price list dari komoditi yang akan diekspor
10. Menyiapkan surat perkenalan usaha dan komoditi yang akan dikirimkan kepada berbagai badan promosi dan calon pembeli
No comments:
Post a Comment